Senin, 29 Maret 2010

CERPEN

TOMB PRINCESS

“Jangan pergi kak.....adek mohon...”

“Maaf dek, kakak harus pergi. Ini demi masa depan kakak. Please adek ngertiin kakak yach..!”

“Tapi kak, ntar siapa yang ngajarin aku? Aku khan ngga bisa belajar ndiri.”

“Ya kam panggil guru les donk nona manis...” kata kak Tirta sambil menekan hidungku. Aduh sakit banget...

“Tapi khan ngga ada guru sebaik kakak gitu loh...”

“Emang guru yang baik cuma kakak doank? Ngga khan?”

Aku cuma bisa nunduk dan terdiam memikirkan kata-kata kak Tirta. Aku ngga bisa ngomong apa-apa lagi. Aku bener-bener ngerasa berat banget ditinggalin. “Secara” dia udah aku anggap kakak kandungku sendiri. Abisnya aku ngga punya kakak sich. Kak Tirta diangkat anak oleh ortuku. Dia anak dari sahabat papa. Kak Tirta ditinggal orang tuanya waktu berumur 17thn. Orang tuanya meninggal akibat kecelakaan pesawat. Warisan kedua orang tuanya diserahin semua ke dia. Selanjutnya dia dirawat ama tantenya. Ternyata tantenya itu licik. Singkat cerita, harta keluarga kak Tirta jatuh ke tangan tantenya. Demi keselamatan kak Tirta, papa mengangkatnya jadi anak. Sejak 3 tahun yang lalu, dia masuk jadi anggota keluarga kami. Kak Tirta tergolong anak yang cerdas, jadi dia bisa ngebantu aku belajar. Karena kecerdasannya, papa mengirimnya ngelanjutin studi ke Amerika. Kalo ga salah denger sich mau dikuliahin di Ohio University.

“ Udahlah dek, ntar kalo keinginan kakak tercapai, kakak pasti pulang koq. Tenang yach...jangan nangis lagi. Kalo kamu nangis, kalah tuch ikan mas koki ama kamu..he..he..”

Uuuuuch... sebel banget sich. “Dalam situasi kaya gini, kakak masi aja bisa bercanda. Jayus banget...!!!”, gerutuku sambil pasang wajah cembetut.

Pesawat tujuan United States akan segera berangkat. Bagi penumpang yang telah memiliki tiket, diharapkan memasuki pesawat.

“Dek, kakak berangkat dulu yach. Sampai ketemu lagi”

Akhirnya kak Tirta pergi dari hadapanku. Aku Cuma bisa mengiringi kepergiannya dengan lambaian tanganku. Kak, jangan balikkan badanmu, aku bakal susah ngerelain kakak pergi. Amerika khan jauh di seberang lautan. Tapi dia malah ngebalikin badannya dan menyunggingkan senyum manisnya yang terakhir buatku. Asal kalian tahu aja kalo lesung pipit di kedua pipinya itu yang membuat senyumannya bikin aku ngerasa adem n ngangenin banget. Hiks... Dia lalu berbalik lagi dan mempercepat langkahnya. Kali ini dia benar-benar pergi. Sialan... (tiiiiit.....sensor) kenapa dia ngebalikin badannya sich. Ngga terasa air mataku ngalir lebih deras. Mungkin aliran Sungai Brantas aja kalah ama tangisanku.(alaah...alaah.. lebay mode: on) Aku sampe ngga peduliin orang-orang di Bandara pada ngeliat ke arahku. Uuuuuch...dasar cengeng. Malu-maluin banget sich.

“Pak Sakri, ayo kita pulang pak!” aku mengajak supirku mengantarku pulang.

“Iya mam...iya ini lagi perjalanan pulang. Iya udah berangkat barusan aja...dah mama...waalaikumsalam...”­

***

“Gimana sayang?”

“Apanya yang gimana mam??”

“Ya kakak kamu lah...siapa lagi coba?”

“Oh kak Tirta. Ya gitu dech...”

“Maaf tadi mama papa ngga bisa nganterin kakakmu pergi.”

“Mam, aku ke kamar dulu yach...”

Di kamar aku langsung merebahkan tubuhku di kasur. Memeluk kedua Teddy Bear-ku yang selalu aku taruh di atas bantalku, terus aku ngelanjutin tangisku yang sempat tertunda.

“Teddy, Berry, dia udah pergi, kakak kesayanganku udah pergi. Sekarang cuma kalian temenku.”

“Sayang...ada telfon dari temen kamu.” Terdengar suara mama berteriak dari bawah.

“Iya mam, biar aku angkat dari sini saja.” Aku ngangkat telfon dari temenku(entah siapa) di kamarku. Coz telfon di rumahku dipasang paralel. Di setiap kamar dipasang telfon biar gampang nerimanya, jadi ngga naik turun tangga gitu dech. Masalahnya, dulu ada anggota keluarga yang sering jatuh dari tangga. Untingnya sich ngga cedera parah. Paling-paling cuma keseleo doank. Eits...ngga usah muna’ dech, anggota keluarga yang aku maksud tuch ngga lain ngga bukan ya AKU ndiri...xixixi

Dasar aku orangnya emang ceroboh. Tapi “BoNyok” ngga perna marahin aku habis-habisan. Paling-paling Cuma dinasihatin doank. Biasalah anak tunggal, jelas aja disayang. Pernah waktu itu aku bikin kesalahan yang cukup fatal di sekolah, ortuku tetep ngebelain tuch.Gini ceritanya...

Waktu itu sekolah aku menangin lomba cerdas cermat. Nah kebetulan yang menang dari kelasku. Pialanya ditaruh di mea guru yang ada di kelasku. Waktu aku dapet tugas piket, aku kebagian ngebersihin ntuch piala. Karena ngga hati-hati, aku matahin gagang piala itu. Saat itu aku panik banget. Aku buru-buru ngambil lem Alteco buat ngerekatin patahannya itu. Akhirnya usahaku berhasil, patahannya itu bisa nempel lagi. Alhamdulillah... Karena saking senengnya, aku ngangkat-ngangkat tuch piala. Aku ngga sadar kalo piala itu lepas dari tanganku. Tau...tau... prang...kaca jendela udah pecah. Uuups...sialnya ada wakasek di deket situ. Untung aja beliau ngga kenapa-kenapa. Bisa mati aku kalo dimarahin ama wakasek yang killer ntuch. Yang cerewetnya ngga ketulungan bukan main itu. Akhirnya ortuku dipanggil ke sekolah, terus...Eeech... udah ach ceritanya. Koq jadi berbelok gini? Kita balik ke cerita tadi. Ternyata yang telfon temen sekelasku, temen sebangkuku tepatnya, Arini namanya. Dia Cuma nanya pe-er doank, coz tadi dia ngga masuk sekolah. Lah...sama donk...tadi gue juga ngga masuk...

Hari udah larut malem, akhirnya aku tidur. Uups.. lupa! Ada pe-er yawh?? Alaah biarin aja besok ngerjain di kelas khan ngga masalah. He...dasar Flora emang cerdas. Met malem Teddy, Berry. Seperti biasa yang aku lakuin tiap malem mau tidur, aku ngucapin selamat malam kepada boneka-boneka kesayanganku. Boneka yang dibeliin kak Tirta waktu sweet seventeen aku kemarin.

***

TO BE CONTINUED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar